Thursday, October 13, 2016

Kesetiaan (Fidelity)


“Banyak orang mempunyai gambaran yang salah tentang apa yang merupakan kebahagiaan sejati. Hal ini tidaklah dicapai melalui kepuasan diri sendiri tetapi melalui kesetiaan pada tujuan yang berharga.”
—Helen Keller (1880–1968)
Buku The Roots of the Mountains, 1890. Karya William Morris (1834–1896) ini dipamerkan pada pameran Arts and Crafts 1890 dan dianggap sebagai buku dengan penampilan terbaik sejak abad ke-17. 

William Morris mendedikasikan masa-masa akhir hidupnya bagi badan penerbitan yang didirikannya pada 1891, Kelmscott Press, London. Kelmscott memusatkan perhatian pada penerbitan buku-buku yang dicetak terbatas (limited-edition), serta memproduksi buku-buku dengan metode tradisional dengan menggunakan kembali teknologi cetak hand-printing dan gaya tipografi abad ke-15. Morris menerapkan prinsip-prinsip Seni dan Kriya (Arts and Crafts), merespons dengan baik metode-metode kontemporer dalam memproduksi buku dan teknik cetak litografi terutama yang dirancang agar hasilnya menyerupai cetak cukil kayu (woodcut). 

Seleksi ketat atas kertas (handmade paper) dan tinta (awalnya bahkan membuatnya sendiri), dan perhatian penuh pada pengintegrasian huruf dan dekorasi pada tiap halaman bukunya membuat Kelmscott Press menjadi penerbitan pribadi terkemuka pada masa pergerakan Seni dan Kriya, dan inspirasi utama bagi apa yang kemudian dikenal sebagai Private Press Movement. Beroperasi hingga 1898, Kelmscott Press telah menginspirasi sejumlah penerbitan pribadi lainnya, seperti: Vale Press, Caradoc Press, Ashendene Press, dan Doves Press.




No comments:

Post a Comment