Thursday, October 13, 2016

Tanggung Jawab (Responsibility)


Desainer dan pemikir desain, Victor Papanek (1923–1998) adalah penganjur pendekatan yang bertanggung jawab secara moral dan holistik dalam merancang. Ia memandang desain sebagai daya bagi kebaikan; bahwa desain komersial bukanlah jalan terbaik bagi aktivitas merancang, dan desainer bertanggung jawab serta mampu memengaruhi perubahan nyata di dunia melalui desain yang baik. Didorong oleh faktor etika dan pandangan mengenai desain yang lebih baik bagi masyarakat dan dunia, ia menggugat praktik-praktik desainer umumnya pada masanya. Pada pandangannya, hanya sebagian kecil tanggung jawab desainer yang berada pada wilayah estetika.

Aspek penting lain dalam filosofinya adalah merancang segala sesuatu hingga ke batasnya yang paling sederhana dan fungsional dengan memperhitungkan konsumsi sumber daya dan dampaknya terhadap lingkungan serta tidak menggunakan kemasan mewah (fancy) hanya demi membuatnya terkesan lebih mahal. Bukunya Design for the Real World: Human Ecology and Social Change (1972) adalah tantangan bagi dunia desain komersial arus utama.

Dalam bukunya itu dinyatakannya:

“Desain iklan membujuk orang untuk membeli barang yang tidak mereka butuhkan dengan uang yang tidak mereka miliki guna memberi kesan tertentu pada orang lain (yang sama sekali tidak peduli) adalah sebuah disiplin paling menipu yang ada saat ini.”



Sampul buku Design for the Real World, Victor Papanek.

No comments:

Post a Comment